Rabu, 23 Agustus 2017

Craft: Contented Pocket Heart

Pocket Heart
Bulan lalu kami mempelajari karakter contentment. Dalam bahasa Indonesia contentment berarti rasa puas atau kecukupan. Tetapi sebetulnya terjemahan tersebut kurang begitu mengena dengan arti dari contentment itu sendiri. Definisi contentment yang kami dapatkan adalah menyadari bahwa Tuhan telah menyediakan semua yang diperlukan untuk kebahagiaan saat ini. 

Karakter contentment ini merupakan salah satu karakter yang paling sering kami bahas di rumah. Bagi kami, penting sekali untuk merasa puas atau content dengan apa yang kita miliki. Namanya juga manusia, rumput tetangga selalu lebih hijau daripada rumput di rumah sendiri. Anak-anak juga terkadang ingin memiliki sesuatu yang temannya miliki. Namun kami mengajarkan mereka untuk selalu bersyukur dan merasa puas dengan apa yang mereka miliki. Bersyukurnya kami salah satu cerita di buku pelajaran mereka juga selaras dengan apa yang kami ajarkan kepada mereka.  

Salah satu aktivitas yang disarankan untuk membuat anak mengerti mengenai karakter ini adalah dengan membuat heart pocket atau kantong hati dan mengisi kantong tersebut dengan setiap hal telah Tuhan berikan bagi mereka. Saat kita berfokus pada Tuhan dan bagaimana Tuhan memberkati dan memenuhi setiap kebutuhan kita, kita akan memiliki hati yang puas. 
Kertas warna-warni
Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Kertas warna-warni ukuran A4
2. Alat tulis 
3. Lem
4. Gunting

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Lipat kertas tersebut secara memanjang (hot dog shape).
Lipat memanjang (hot dog shape)
2. Guntinglah bagian atas kertas secara melengkung. Buka lipatan tersebut dan bekas guntingan tersebut akan berbentuk seperti bagian atas hati. 
3. Lipatlah bagian bawah hingga menyentuh ujung bagian yang melengkung. 
Langkah 2 dan langkah 3.
4. Lipat ujung kanan ke tengah dan lipat ujung kiri ke tengah sehingga membentuk V.  
Langkah 4
5. Di bagian atas V akan terdapat sisa kertas. Lipatlah kertas tersebut ke bawah dan lipat kedua ujungnya ke belakang bagian hati. 
Langkah 5.
6. Supaya tidak mudah copot, berikan lem di kedua ujungnya. Sekarang kita mendapatkan bentuk hati. 
7. Berikan anak-anak beberapa lembar kertas kecil. Di kertas tersebut, mintalah anak untuk menuliskan atau menggambar apa saja yang Tuhan berikan kepada mereka. 
8. Setelah selesai menulis, masukkan kertas-kertas kecil tersebut ke dalam kantong hati. 

Saat anak-anak menulis, saya mencoba mengingatkan mereka ternyata banyak sekali berkat yang Tuhan berikan bagi mereka sehingga mereka seharusnya tidak mengeluh. Dan dengan kepolosan mereka, daftar segala hal yang Tuhan berikan itu bisa panjang dan lebar =D
Contented heart by Adik
Lalu, apakah setelah membuat ini, anak-anak akan lebih dapat merasa puas dengan apa yang mereka miliki? Tentu saja tidak instan, tetapi setidaknya saat mereka mulai mengeluh dan ingin ini itu, kantong hati ini dapat membantu mereka mengingat setiap kebaikan Tuhan yang mereka miliki :)
Contented Heart by Kakak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar