Laman

Rabu, 11 Maret 2020

DIY Hand Sanitizer

DIY Hand Sanitizer
Tahun 2020 ini banyak hal mengejutkan, bukan hanya di Jakarta, bahkan sampai di berbagai negara. Virus corona yang awalnya ramai di China tiba-tiba mencoba peruntungannya di negara-negara lain. Yang awalnya di negara-negara subtropis, sekarang pun si virus ini merambah negara-negara di Asia Tenggara. 

Setelah Indonesia bertahan dengan rekor tidak terkena keluarga virus corona ini (Indonesia aman saat SARS dan MERS melanda dunia), kali ini Indonesia tidak dapat menolak kedatangan virus ini. Akibat virus ini, kepanikan terjadi. Bahkan sebelum diberitakan ada yang positif terkena virus ini pun masker mengalami pelonjakan harga hingga sepuluh kali lipat, dan setelah itupun langka. Bukan hanya masker, hand sanitizer pun menjadi berkali lipat harganya dan langka juga.

Karena kelangkaan ini, papa pun jadi penasaran ingin mencari tahu cara membuat hand sanitizer. Setelah mencari-cari, akhirnya kami pun menemukan perpaduan untuk membuat hand sanitizer. Bahan-bahan yang diperlukan:
1. 75ml Alkohol 70%
2. 25ml aloe vera gel
3. Wadah yang akan digunakan, idealnya botol. 
4. Essential oil(jika ada).

Sebetulnya alkohol saja sudah cukup mampu membunuh bakteri-bakteri yang ada. Namun alkohol dapat membuat kulit kita menjadi kering. Oleh sebab itu dibutuhkan gel lidah buaya atau aloe vera untuk menjaga kelembaban tangan. Tetapi penggunaan aloe vera juga jangan terlalu banyak agar mampu membunuh bakteri. Perbandingan alkohol dengan aloe vera bisa dibuat 3 : 1 atau 4 : 1. Semakin banyak aloe vera, maka semakin kental hasilnya. Semakin sedikit aloe vera gel, semakin encer hasilnya. 

Gel lidah buaya ini bisa didapatkan dimana-mana. Atau jika ingin lebih yakin, bisa juga dengan membuat langsung dari tanaman lidah buaya yang dikerok dan dimasak hingga mengental.
Aloe vera gel.
Bagaimana dengan alkohol 70%? Alkohol 70% berarti berisi 70% alkohol murni dan 30% pelarut yaitu air. Virus atau bakteri dapat mati dengan kadar alkohol diatas 50%. Bahkan merk terkenal, De*t*l hanya mengandung 60% alkohol. 
Berbagai macam alkohol 70%, bisa didapat di toko kimia dan apotek.
Lalu akan muncul pertanyaan, kenapa tidak pakai alkohol 96%? Kan kadar alkoholnya lebih tinggi. Analogi sederhananya adalah kalau kita cuci tangan pakai sabun tanpa menggunakan air (atau air hanya 1 tetes) pasti tidak akan sebersih mencuci tangan dengan air yang cukup. 

Dengan alkohol dan aloe vera saja sebetulnya sudah cukup. Tetapi jika kita ingin menutupi bau alkohol, biar tidak seperti berada di rumah sakit, maka bisa ditambahkan bau yang lain. Idealnya sih essential oil yang anti bakteri, seperti lavender, lemon, tea tree, dan sejenisnya. Berhubung kami mendapatkan hadiah dari teman, maka kami menambahkan 1 tetes essential oil lavender ke dalam hand sanitizer buatan kami.

Cara pembuatan:
1. Masukkan alkohol ke dalam wadah yang akan digunakan.
2. Masukkan aloe vera gel sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. 
3. Setelah semuanya tercampur dengan baik, teteskan 1 atau 2 tetes essential oil ke dalam larutan. Aduk hingga rata. 

Hasil dari eksperimen ini kami gunakan di rumah. Sekarang tidak usah bingung lagi kalau hand sanitizer susah didapatkan di supermarket. 

Selamat mencoba :). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar