Discovering God's world. |
Buku Science ABEKA grade
1, Discovering God's world, merupakan buku pelajaran yang colorful yang
dirancang untuk menstimulasi keingintahuan anak-anak terhadap science melalui
pembelajaran ciptaan Tuhan yang luar biasa. Dengan demikian tujuan pembelajaran
science di level ini bukanlah untuk mengajarkan istilah-istilah, tetapi untuk
membuka pintu kepada hal baru. Pantas saja saat saya mengorder buku-buku,
kuis atau essay hanya ada pada kelas tiga atau kelas empat keatas.
Apa sih yang membuat saya jatuh
hati dengan Science ABEKA?
1. Dimulai dengan perspektif
bahwa segala ciptaan Tuhan itu begitu ajaib, anak-anak diajak untuk melihat
satu persatu hal-hal yang berhubungan dengan ciptaan Tuhan. Di sini anak-anak
diajak untuk memahami science sebagai pemahaman terhadap kebesaran alam yang
ada yang membuat mereka menyadari semua ini diciptakan oleh Tuhan. Dalam
beberapa bahasan dilengkapi dengan ayat Alkitab yang menunjang bahasan yang ada.
2. Buku ini begitu menarik
untuk anak-anak sehingga anak-anak bisa belajar mandiri, setelah itu kita bisa
mulai bertanya ini-itu yang berhubungan dengan bahasan yang mereka baca. Bagi saya ini membantu, karena si adik sudah mulai belajar. Jadi si kakak akan membaca terlebih dahulu, setelah selesai baru kami membahas bersama (adik juga ikut tentunya).
3. Dilengkapi dengan vocabulary yang
dianggap agak susah untuk diucapkan oleh anak-anak kelas satu. Jadi anak-anak
dapat melihat vocabulary-nya (bacakan terlebih dahulu jika memang susah) dan anak juga dapat diminta untuk menebak berapa syllable (suku
kata) yang ada pada kata tersebut.
4. Adanya teacher
guide yang
membantu kita untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan yang ada di buku.
Teacher guide ini dijual terpisah, dan jauh lebih mahal dari buku pelajarannya,
dan berformat sama seperti buku pelajaran. Jadi lumayan memudahkan saat
mengajar. Kita tinggal membuka halaman yang sama dengan si anak dan melihat petunjuk yang ada di bagian belakang.
5. Adanya hands-on-activity membantu
anak belajar mengobservasi setiap percobaan dan juga aktivitas yang ada. Jadinya
anak diajak untuk berpikir kritis dengan setiap percobaan yang ada. Selain
aktivitas yang ada di buku anak-anak, ada juga aktivitas tambahan yang terdapat
di buku teacher guide. Kita dapat memilih aktivitas yang sesuai dengan yang
kita inginkan.
Salah satu contoh yang dapat saya
berikan adalah saat kami mempelajari angin sebagai udara yang bergerak. Salah
satu tugasnya adalah membuat pinwheel atau
kincir angin dari kertas. Angin dapat membuat pinwheel berputar.
Semakin besar daya tiupnya, semakin cepat pinwheel berputar.
Bahkan untuk membuktikan angin adalah udara yang bergerak, anak-anak mencoba
membawa pinwheel saat
mereka berjalan biasa. Dan memang ternyata pinwheel pun
berputar karena adanya udara yang bergerak saat mereka berjalan. Jadi
aktivitasnya pun diambil dari kegiatan kita sehari-hari dan bahan-bahan yang mudah
dicari.
Bagaimana dengan kekurangan dari
Science ABEKA? Ternyata kelebihan mereka juga dapat merupakan kekurangan
mereka. Dengan adanya begitu banyak pilihan aktivitas tambahan, terkadang
merupakan beban bagi beberapa orang tua. Selain itu sebelum mengajar, si
pengajar harus melihat dulu materinya, sehingga dapat mempersiapkan bahan-bahan
untuk aktivitas yang ada. Tentunya bagi orang tua yang maunya sebisa mungkin
tidak usah repot saat mengajar anak, kalau bisa yang ada hanya bacaan saja, hal
ini merupakan kekurangan dari Science ABEKA. Bahkan di negara aslinya sendiri, kurikulum ABEKA lumayan memberatkan orang tua (karena banyaknya aktivitas yang ada).
Tetapi bagi saya, hands-on-activity membuat pelajaran menjadi semakin menarik. Bahkan saat kakak belajar Science, adik juga mau ikut tahu. Mungkin karena semua masih berbentuk cerita dan aktivitasnya juga seru. Walau terkadang saya juga menyiasati dengan aktivitas lain, jika aktivitas yang ada terlihat tidak visible bagi kami.
Percobaan dengan telur.
|
Bagaimana dengan Science dari kurikulum lainnya? Apakah ABEKA adalah yang
terbaik? Bagi kami, kurikulum itu hanyalah alat, jadi sebaiknya disesuaikan
dengan keadaan pembelajaran masing-masing keluarga. Ya sejauh ini, kami cukup
puas dengan bahan yang ada :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar