Sabtu, 30 April 2016

10 Tips Berkunjung ke Disneyland Hong Kong

HK Disneyland, courtesy of Discover Hong Kong
Pada awal musim semi lalu kami dan keluarga besar berkesempatan untuk berlibur ke Hong Kong. Ini adalah liburan pertama anak-anak ke Hong Kong. Dan tentu saja bagi anak-anak liburan ke Hong Kong tidaklah lengkap tanpa kunjungan ke rumah Mickey Mouse. Apalagi mereka sudah sering melihat video Kavin Karyn tentang HK Disneyland. Oleh sebab itu, dalam 6 hari di sana, kami menjadwalkan 2 hari bermain di Disneyland. 

Banyak yang berkata HK Disneyland tidak seru karena kecil. Tetapi menurut kami, Disneyland ini lebih seru bagi anak-anak kecil. Dan memang benar, permainan dan show yang ada cocok untuk anak-anak kecil. Melihat anak-anak begitu senang, tidak sia-sia rasanya keluar uang untuk beli tiket. Berikut adalah tips yang dapat kami berikan untuk keluarga-keluarga yang membawa anak-anak kecil ke Disneyland.

1. Sebelum pergi, kunjungilah website resmi HK Disneyland. 
Beberapa bulan sebelum keberangkatan, saya membuka website resmi HK Disneyland. Karena Hong Kong adalah negara empat musim, maka Disneyland pun menyesuaikan dengan cara menampilkan tema-tema yang berbeda. Jam buka dan tutupnya pun dapat diketahui dari website ini. Jangan lupa melihat wahana mana saja yang sedang dalam perawatan. Baca juga peraturan yang diberikan oleh HK Disneyland, mengurangi waktu anda untuk berurusan dengan regulasi dan administrasi yang tidak perlu. Bahkan seminggu sebelum keberangkatan pun saya masih melihat kembali website resmi untuk memastikan apakah ada perubahan.


Easter Theme
2. Ambillah 2 days pass
Bagi banyak orang, termasuk saudara sepupu saya, HK Disneyland kecil dan dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari. Tetapi bagi yang membawa anak kecil, saya menyarankan untuk membeli tiket 2 days pass. Mengapa? Karena pastilah ada antrian saat bermain wahana (apalagi kalau weekend dan hari libur), kemudian di tengah-tengah harus makan (kan bukan anak remaja ataupun orang dewasa yang makannya bisa telat sekali), belum lagi anak-anak tidak dapat berjalan secepat orang dewasa. Kamipun membeli tiket 2 days pass, agar anak-anak lebih puas dan memilih hari yang agak jauh supaya dapat memainkan semua wahana (karena hari perawatan setiap wahana berbeda).

3. Kunjungi saat weekdays.
Seperti tempat liburan di Indonesia, yang ramai saat weekend dan hari libur, Disneyland pun seperti itu. Apalagi turis dari Mainland tidak mengenal hari libur. Maka sangat disarankan untuk datang saat weekdays. Waktu kami mengunjungi HK Disneyland, kami memilih hari Senin dan Kamis. Dan saat kunjungan pun bukan musim liburan negara manapun (niat banget kan searching-nya). Antrian pada setiap wahana dapat dikatakan sangat jarang, kecuali pada musical show.

4. Belilah tiket secara online
Membeli tiket secara online berguna untuk menghemat waktu anda saat sampai. Daripada harus mengantri membeli tiket lagi, lebih baik kan sudah ada tiket di tangan saat datang. Saat kemarin kami ke sana, kami membeli tiket secara online dari klook.com. Kredibilitas klook sudah diakui. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada website resmi HK Disneyland. Beryukur sekali, tambahan poin bagi kami untuk Klook, setelah kami membeli tiket secara online, Disneyland menaikkan harga tiketnya. Jadi kami lebih untung lagi karena membeli dalam harga yang bagus, faktor penting bagi ibu-ibu bukan.

5. Aturlah waktu seefektif mungkin dan perhatikan wahana apakah yang menerapkan fast pass
HK Disneyland terbagi dari enam area pada dua bagian, yaitu: Fantasy Land, Tomorrow Land, Adventure Land pada bagian pertama dan Toy Story Land, Mystic Point, dan Grizzly Gulch pada bagian kedua. Belum lagi bagian depan, Main Street USA, yang walaupun terdiri dari toko-toko, juga menawarkan kegiatan yang menarik. Saran dari saya adalah kunjungi setiap area secara urut. Kami memulai dari Tomorrow Land dan memilih Autopia sebagai wahana pertama yang kami naiki. Autopia terkenal dengan antriannya yang panjang sekali, tetapi mainnya hanya sebentar. Lebih baik menaiki Autopia diawal, saat antrian belum panjang, atau lewatkanlah wahana ini (kecuali mau main saat malam hari). Bersyukurnya kami saat tiba antriannya diperkirakan hanya 20 menit (kurang dari 30 menit dianggap wajar untuk wahana ini), sedang dari cerita orang-orang mereka bisa mengantri satu jam.
Di HK Disneyland ada yang namanya fast pass pada wahana Winnie the Pooh. Wahana ini juga terkenal dengan antrian yang puanjang. Dengan adanya fast pass, kita dapat menghemat waktu. Cara kerjanya adalah sebagai berikut. Masukkan tiket Disney kita ke mesin Fast Pass. Maka akan keluar tiket fast pass untuk kita. Di tiket tersebut tercantum rentang waktu untuk kita kembali lagi. Kita bisa main yang lain dulu jadinya. Saat kita datang di rentang waktu yang telah ditentukan, carilah petugas dan berikan tiketnya. Kita akan diarahkan ke jalur fast pass. Setelah itu kita tinggal masuk, sesuai antrian di fast pass dan jalur buka tutup antara fast pass dengan yang bukan fast pass. Percayalah, jauh lebih hemat waktu loh. Kalau sampai kita tidak jadi balik pun tidak masalah.
Fast Pass
6. Perhatikan batasan ketinggian yang diijinkan
Hampir semua wahana dapat dimainkan oleh anak kecil. Namun ada beberapa wahana yang memerlukan batas ketinggian. Dan tidak seperti di Indonesia yang boleh nyelundupin anak, di sini mereka sangat ketat. Saya sempat melihat orang tua yang ngotot mau main Space Mountain tetapi tidak bisa masuk karena anaknya kurang sedikit tingginya. Big grizzly mountain runaway mine cars memberikan batasan ketinggian min 112 cm. RC Racer memberikan batas ketinggian 120 cm. Sedangkan parachute drop dan autopia memberikan batasan tinggi 81 cm. 

7. Jangan lupa menonton show dan parade yang ada
Hal yang berbeda dengan theme park di Indonesia, HK Disneyland memberikan show-show yang begitu bagus dan parade yang bagus. Kalau di Dufan parade hanya ada saat weekend, maka di sini parade ada setiap hari. Di area Fantasy Land ada Mickey and The Wondrous Book. Kemudian di area Adventure Land ada Lion King Show. Dan hampir di setiap area di jam-jam tertentu ada atraksi menarik.
Percussion show di Tommorow Land
Night Parade and Fantasy Parade
Atas: Mickey and The Wondrous Book. Bawah: Lion King show
8.Jangan lupa berfoto bersama karakter dengan kamera sendiri
Apalah gunanya jauh-jauh ke Hong Kong jika tidak berfoto dengan tokoh-tokohnya. Biasanya mereka menyempatkan waktu berfoto di fantasy garden. Tidak harus dengan semuanya, tetapi dengan tokoh-tokoh favorit saja. Jika bertemu tidak sengaja dengan tokoh yang lain, dan jika antriannya tidak puanjang, boleh juga mengantri untuk berfoto:) 
Courtesy of Discover Hong Kong
9. Kumpulkan sticker dari petugas-petugas yang ada
Hampir setiap petugas di sana membawa sticker di kantongnya. Mereka dengan senang hati memberikan sticker tersebut kepada anak-anak.Jangan malu untuk meminta, saya pun juga memintanya untuk anak-anak.

10. Lihatlah prakiraan cuaca sebelum pergi. 
Ini merupakan salah satu faktor penting dalam bepergian, bukan saja saat ke Disneyland. Apalagi karena Hong Kong merupakan negara yang mengalami taifun. Kan tidak seru sudah jalan jauh-jauh tetapi terkurung di hotel karena taifun. Jika kita sudah mengetahui prakiraan cuaca di sana, maka kita dapat menentukan apa saja yang dapat kita bawa (apakah payung, jaket, jas hujan, baju tipis, dan sebagainya). Website resmi dari pemerintah setempat cukup akurat. Berikut website mengenai prakiraan cuaca.
Berkabut dan hujan tetapi tetap ramai
Note: Untuk cerita lebih lengkap mengenai liburan kami bersama anak-anak di Hong Kong, silakan klik link ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar