Senin, 07 November 2016

Gluten Free Banana Cake


Pembuatan kue ini awalnya karena terjadi kesalahan stock tepung beras di rumah. Waktu itu, setiap bulan puasa saya membuat bubur sumsum dan biji salak untuk dibawa saat acara buka puasa bersama dengan keluarga saya (Ya, keluarga kami cukup dapat mewakili prinsip bhineka tunggal ika di Indonesia). Tiba-tiba opa semangat membeli tepung beras sebanyak 2kg. Jreng-jreng. . . . Mau diapakan ya? Si papa tidak pernah membuat kue dari tepung beras. Akhirnya saya googling, mencari kue yang dapat dibuat dengan tepung beras. 

Tidak banyak orang yang tahu kalau tepung beras merupakan salah satu pengganti tepung terigu bagi orang-orang yang alergi gluten. Saya pun mencoba membuat kue ini dan ternyata disukai anak-anak dan oma opa. Walau kami tidak ada yang alergi gluten, namun tidak ada salahnya membuat kue yang sehat ini. Selain gluten free, kue ini tidak menggunakan ragi, atau pengembang lainnya. 

Kue ini sering sekali kami buat karena termasuk kesukaan anak-anak. Minggu lalu, adik bilang mau buat banana Cake lagi. Pas kebetulan ada pisang ambon yang sudah sangat matang. Kami pun membuat  kembali. 

Bahan:
150 gr tepung beras, ayak terlebih dahulu
100 gr gula jawa
20 gr gula pasir
75 ml minyak goreng
3 butir telur ayam
2 buah (200 gr) pisang matang, haluskan dengan blender (kalau malas, pake alat penghalus kentang)
1/4 sdt vanili bubuk
sedikit garam

Cara Membuat
1. Panaskan dandang terlebih dahulu dengan tutup dibungkus pake kain serbet.
2. Kocok telur, gula, garam dan vanili hingga lembut dan mengembang.
3. Masukkan tepung beras sedikit demi sedikit bergantian dengan minyak goreng dan pisang. Aduk rata dengan spatula.
4. Lakukan sampai semua habis dan tercampur rata.
5. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dioles margarin.(bisa juga dengan menggunakan kertas minyak untuk melapisi) 
6. Kukus sampai matang. 

Kali ini kakak yang memegang mixer, sementara saya mengawasi dia. Lumayan lama juga kakak memegang mixer tersebut, latihan supaya terbiasa. Biasanya saya mengukus sekitar 30 menit dan setelah itu mencoba menusuk kue tersebut dengan tusuk gigi. Jika tidak ada yang menempel pada tusuk gigi, berarti matang.

Tips membuat kue ini adalah carilah pisang yang sudah matang sekali sehingga wangi pisang lebih keluar. Yang kami suka adalah rasa gula jawa yang bercampur dengan pisang, hmmm. . . .enak sekali loh. Kalau punya loyang persegi sebetulnya lebih bagus lagi penampilannya. Sayangnya loyang persegi saya tidak muat ke dalam kukusan. 

Selamat mencoba, moms;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar