Selasa, 21 Juni 2016

Activity: Membuat Pattern dari Kertas Kado


Pattern
Punya banyak kertas kado sisa? Lalu bingung mau dibuang tapi kok ya sayang. Jangan takut, saya juga begitu kok. Kertas kado sisa biasanya saya jadikan hiasan dari kado yang akan dikasi. Tetapi dua minggu lalu kami akhirnya menggunakannya untuk membuat craft yang menarik sekaligus mengajarkan pattern kepada adik. 

Caranya mudah sekali loh. Bahan yang diperlukan adalah:
1. Beberapa kertas kado bermotif (saya pakai tiga, karena cuma ada tiga di rumah) yang dipotong berbentuk persegi. Kurang lebih ukurannya 2 cm x 2 cm. Kalau saya males repot-repot mengukur, jadinya mengikuti lebar penggaris saja. Letakkan di wadah terpisah.
2. Kertas putih sebagai alasnya, bisa juga kertas berwarna. 
3. Lem kertas.

Bahan yang diperlukan
Caranya adalah sebagai berikut.
1. Letakkan salah satu kertas kado yang sudah dipotong di tengah-tengah. Katakanlah motif 1. 
2. Lalu disekitarnya, letakkan kertas kado motif 2 membentuk tanda tambah (seperti pada gambar).
3. Letakkan kertas kado motif 3 di sekeliling motif 2.
4. Letakkan kembali kertas kado motif 1. Ulangi sampai tidak ada tempat lagi di kertasnya atau motif tertentu sudah habis.

Atas: kertas kado motif 1 dan kertas kado motif 2. Bawah: kertas kado motif 3 dan selanjutnya.
Tujuannya apa sih buat ini? Pertama memang untuk hiasan, bisa juga dipakai untuk hiasan saat anak-anak membuat kartu ulang tahun. Kedua, anak belajar untuk mengenal pola dengan cara menyenangkan. Malah kalau kertasnya besar, bisa buat empat atau lima motif. Bahkan kakak kemarin bilang nanti mau buat lagi tetapi membentuk diamond. Boleh juga idenya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar