Selasa, 09 Agustus 2016

Finger Painting: Bunga dari Handprint

Bunga ala kakak
Masih ingat cerita adik yang berhasil dibujuk di rumah dengan stamping core tissue roll? Nah, saat pulang, si adik dengan bangga berkata kepada kakaknya kalau hari ini dia belajar dan setelah itu main dengan cat. Ceritanya pun seru sekali. Si kakak pun protes kenapa dia tidak ikut main cat. Saya mencoba menjelaskan bahwa karena dia pergi dan adik di rumah, jadi adik diberi aktivitas. Kakak pun berkata kalau begitu kakak juga mau aktivitas seperti itu. Akhirnya saya berkata lain kali kita akan main dengan cat, untuk berdua tapinya. Kakak pun menyetujui.

Minggu lalu si kakak teringat dan menagih kembali kapan dia boleh main dengan cat. Akhirnya saya mencoba mencari resep untuk finger painting yang kira-kira mudah dibuat dan aktivitas yang mudah dilakukan oleh keduanya. Kali ini kami mencoba membuat finger painting bunga dalam vas menggunakan hand print. Kakak biasanya melakukan aktivitas ini sambil bolak-balik cuci tangan. Maklum, yang besar ini anaknya gelian. 

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1. Cat untuk finger painting, saya memilih hijau dan merah (karena food coloring yang ada di rumah hanya dua warna itu).
2. Kertas HVS atau kertas gambar yang tebal (lebih baik kertas gambar).
3. Kertas origami warna coklat untuk vasnya, potong berbentuk vas atau trapesium.
4. Wadah untuk cat.
5. Cotton bud.
6. Pewarna makanan merah (cat warna merah), letakkan dalam wadah kecil sedikit saja.

Langkah-langkahnya:
1. Letakkan cat ke dalam wadah. Lalu letakkan tangan kiri kita (dalam posisi terbuka) ke dalam wadah yang berisi cat warna hijau dan cap ke atas kertas.
2. Letakkan ibu jari kanan ke wadah yang berisi cat warna merah, lalu cap di kertas di bagian ujung jari-jarinya.
3. Celupkan ujung cotton bud ke wadah yang berisi pewarna makanan, lalu bentuk seperti titik-titik mengelilingi cap ibu jari kanan yang ada. Jadi seperti mahkota bunga.
4. Tunggu hingga mengering.
5. Tempel kertas origami warna coklat sebagai vasnya.
Bunga ala adik.
Sedikit trik, kalau si kecil tidak begitu suka dengan tangan yang terkena cat, bisa juga membuat cetakan tangan di atas kertas. Jadi tinggal bunga dan mahkotanya yang menggunakan cat. Sederhana bukan? Anak-anak senang membuatnya. Apalagi dengan resep yang ini, cat untuk finger painting tidak begitu sticky. Buntutnya mereka menagih kapan lagi main dengan cat. Walah, mentang-mentang catnya mudah dibuat, acara main dengan cat jadi request setiap saat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar