Kamis, 22 Maret 2018

Saat Homeschooler Beranjak Remaja


Saat anak-anak beranjak remaja, sama seperti kita saat remaja, mereka mulai memasuki masa mencari identitas diri. Dan tentunya masa-masa seperti ini teman (atau bahkan guru) terasa lebih benar daripada orang tua. Peer pressure atau tekanan dari teman akan menjadi nomor satu karena mereka ingin diterima oleh teman mereka. Homeschooler mungkin tidak begitu merasakan peer pressure tersebut. Tetapi pasti tetap ada masa-masa dimana para remaja ini mulai galau.

Disaat seperti inilah kita sebagai orang tua harus mulai lebih peka dan dapat memosisikan kita sebagai teman. Memang dulu saat masih bekerja, dunia remaja sudah menjadi bagian dalam kehidupan saya. Bagi saya mendengarkan uneg-uneg dan mimpi mereka dan dapat membagikan hidup dengan mereka merupakan hal yang menyenangkan. Sebagian dari mereka ingin agar orang tua mereka dapat memahami mereka dan tidak terlalu memaksakan kehendak pada mereka. 

Tahun lalu entah mengapa saya mendapatkan kesempatan untuk mendengar kisah-kisah tentang keluarga yang sudah selesai homeschool dan juga keluarga yang anak-anaknya sedang ABG atau remaja. Ada keluarga yang lebih cepat mengantar si bungsu untuk memasuki dunia perkuliahan karena sudah mulai jenuh belajar sendiri. Ada juga yang akhirnya mem-postpone materi pelajaran karena si anak lebih tertarik kepada hal-hal non akademis. Setelah berkali-kali mengobrol dan mengamati keluarga-keluarga homeschool yang anak-anaknya sudah remaja, saya mendapatkan beberapa kesimpulan yang menurut saya sangat berharga. Sengaja saya tuangkan ke artikel ini menjadi dokumentasi saya sebagai persiapan jika Duo Lynns sudah remaja. Tentunya posisi sebagai orang tua dan posisi sebagai teman curhat anak remaja akan berbeda nantinya.

1.Tujuan homeschool bagi anak remaja.
Jika saat anak-anak masih kecil, porsi kita dalam mendidik anak lebih besar. Kita meletakkan fondasi dalam diri mereka. Meletakkan fondasi bukan berarti kita mengendalikan mereka, tetapi kita lebih mengarahkan mereka kepada prinsip dan nilai yang seharusnya dimiliki mereka. Semakin besar berarti tujuan homeschool pun bukan lagi kepada meletakkan fondasi, tetapi lebih kepada mempersiapkan mereka untuk berkarya sesuai dengan panggilan dan tujuan yang Tuhan berikan bagi mereka. Jadi tidak berarti jika semua anak harus excellent di semua bidang pelajaran. Kita dapat melihat kemampuan anak dan mengarahkan mereka sesuai kapasitas mereka.

2. Toleransi terhadap hal-hal yang bukan prinsip.
Saat memasuki usia remaja, anak-anak akan lebih membantah dibanding saat masih kecil. Hal ini wajar karena memang fasenya mereka. Akan menjadi berat jika akhirnya hal yang kecil-kecil pun menjadi permasalahan antara si anak remaja dan orang tua. Di masa-masa inilah toleransi kita terhadap hal-hal yang bukan prinsip harus diperbesar. Namun saat berhubungan dengan hal-hal yang prinsip, kita tetap harus berani untuk mempertahankan value yang ada.

3. Fleksibitas dalam pelajaran.
Di masa-masa remaja bakat dan minat anak biasanya akan makin terlihat, bukan hanya yang berbau non akademis tetapi juga yang berbau akademis. Saya jadi teringat murid-murid saya yang lemah di mata pelajaran tertentu. Biasanya anak-anak ini akan berkata untuk apa belajar trigonometri (untuk pelajaran matematika) toh nanti kerja tidak akan terpakai karena mereka akan bekerja di bidang seni. Atau bagi yang tidak suka geografi akan berkata untuk apa batas wilayah dihapalkan. Atau bagi yang lemah dalam bidang olahraga, seperti saya, pasti akan berpikir tidak masalah tidak dapat bermain voli ataupun basket, yang penting dapat berenang dan lari kalau dikejar orang (self defense mode on). 
Walaupun benar saat mereka bekerja tidak akan terpakai, namun selama materi-materi ini menjadi syarat untuk ujian (kejar paket ataupun ujian lainnya), sebaiknya mereka tetap memelajarinya. Di titik ini kita harus lebih fleksibel. Alangkah tidak bijak jika kita tetap memaksa mereka untuk mendapatkan hasil tertinggi. Si anak tidak harus sampai nilai yang tinggi, namun selama dia dapat mengerjakan sampai standard yang diberikan, itu sudah cukup.

4. Tetap memberikan dasar bagi mereka walaupun mungkin bukan minat mereka. 
Saya jadi teringat pernyataan dari Lee Binz, seorang penulis dan juga pelaku Homeschool mengenai homeschooling bagi anak remaja. Beliau mengatakan bahwa andaikan si anak tidak berencana untuk kuliah, tetaplah berikan si anak dasar untuk mempersiapkan anak ke jenjang selanjutnya karena remaja sering berubah pikiran. Oleh sebab itu, saat menghadapi homeschooler yang sedang remaja ini, tetaplah persiapkan mereka untuk hal-hal yang berbau akademis dan non akademis. Tetapi landasan dari semuanya adalah kasih kepada mereka dan bukan memaksakan keinginan kita. 

Semakin saya mengingat relasi saya dengan murid-murid yang dulu pernah saya ajar dan curhat orang tua murid, semakin saya merasa memang menjadi orang tua tidaklah mudah. Dasar yang baik, disiplin yang sesuai, dan nilai moral yang tepat haruslah diberikan saat mereka masih kecil, bukan saat mereka sedang remaja. Bahkan walau sudah dibekali hal-hal tersebut pun anak remaja dapat bersikap yang antik. Sampai di titik inilah kita sebagai orang tua harus menyadari bahwa Tuhanlah yang menjadi sumber kekuatan kita dan Tuhan yang sanggup menjagai anak-anak kita. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar