Kamis, 15 Juni 2017

Craft: Punctuality Clock

Punctuality clock
Bulan lalu kami kembali membahas salah satu karakter, yaitu punctuality. Punctuality berarti tepat waktu. Awalnya kami berpikir tepat waktu bukan karakter, tetapi masalah kebiasaan. Kami terbiasa untuk tepat waktu. Tetapi kami baru tahu bahwa tepat waktu adalah salah satu karakter. Mungkin karena orang yang tepat waktu adalah orang yang menepati janjinya. Dan tentu saja orang yang seperti ini dapat diandalkan. Bagi kami ini adalah hal yang penting, karena kami termasuk tipe orang yang tidak suka dengan yang namanya jam karet. Jadi kami terbiasa untuk pergi lebih awal supaya tidak terlambat. Duo Lynns pun dibiasakan untuk jadi orang yang tepat waktu. Mereka bisa panik jika sudah dekat jam untuk ketemu tetapi kami masih di jalan karena kami terjebak macet. 

Anyway, salah satu kegiatan yang ada saat membahas karakter ini adalah membuat punctuality clock. Dasar berpikirnya adalah bagaimana mungkin seseorang dapat tepat waktu jika orang tersebut tidak tahu jadwal dirinya setiap hari. Dengan membuat jam ini, anak-anak dapat belajar menyusun jadwal mereka dan jadi tepat waktu dengan setiap jadwal yang ada. 

Bahan-bahannya adalah sebagai berikut. 
1. Piring plastik atau piring kertas
2. Paku pin
3. Kertas kecil sebanyak 12 buah
4. Bantalan dari styrofoam atau apapun
5. Double tape
6. Kertas berbentuk anak panah panjang dan pendek sebagai jarum jam
Bahan-bahan yang diperlukan
Langkah-langkahnya adalah:
1. Lipatlah kertas kecil yang ada menjadi 2 bagian. Dibagian yang luar, tulislah angka pada jam (1, 2, 3,..., 12). Sedang untuk bagian dalam kertas dapat diisi dengan aktivitas yang akan dilakukan pada jam itu. Misal jam 12 siang adalah makan siang. 
3. Tempelkan kertas - kertas tersebut ke piring kertas dengan menggunakan double tape
4. Lubangi piring tersebut di bagian tengah dengan menggunakan paku pin. 
5. Untuk jarum jamnya, tancapkan paku pin pada bagian yang tidak ada bentuk arah panahnya kemudian tancapkan ke lubang yang ada di piring. 
6. Untuk mencegah paku pin ini mudah copot, dibagian belakang paku ditusukkan styrofoam sebagai bantalan. 
Jam hasil karya anak-anak
Aktivitas pada setiap jam dapat diisi dengan kata-kata ataupun dengan gambar. Apa manfaat dari jam ini? Selain anak-anak belajar tentang waktu, mereka pun terbiasa membuat jadwal kegiatan mereka dan melatih mereka untuk menjadi anak-anak yang tepat waktu, yang berarti mereka menghargai waktu dan memanfaatkan setiap waktu dengan baik :)
To everything there is a season, A time for every purpose under heaven (Ecclesiastes 3 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar