Rabu, 10 Januari 2018

Craft about Love: Helpful Hands

Bulan yang lalu kami membahas karakter love atau kasih. Kasih didefinisikan sebagai memberi kebutuhan mendasar orang lain tanpa menambahkan motivasi atau kepentingan pribadi ataupun reward dari apa yang kita lakukan. Dengan kata lain,saat kita menunjukkan kasih kepada sesama, kita tidak mengharapkan balas budi atau balas jasa. Seperti lagu Kasih Ibu: ‘hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia’.

Membahas karakter ini memang menyenangkan, karena banyak lagu-lagu tentang kasih. Dan aktivitas yang berhubungan dengan love juga banyak. Setelah sebelumnya kami membuat Christmas Project, kali ini kami membuat craft yang berhubungan dengan karakter kasih. Craft yang disarankan adalah membuat Giving Hand Placemat. Berhubung anak-anak sudah pernah membuat placemat dari craft lainnya, mamanya males kalau jadi kebanyakan placemat. Akhirnya craft yang ada dimodifikasi. Kami menamainya Helpful Hands.

Tujuan pembuatan ini adalah untuk membuat kami mengingat bahwa salah satu bentuk kasih adalah kita dapat menggunakan tangan kita untuk menunjukkan kasih Tuhan kepada sesama. Sebab Tuhan adalah kasih, dan saat kita berserah kepadaNya, maka kasihNya akan mengalir melalui hidup kita (untuk sesama kita) setiap hari.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Kertas warna-warni ukuran folio.
2. Alat tulis seperti pensil dan spidol.
3. Gunting.
4. Lem.

Langkah-langkahnya:
1. Tekuklah kertas yang ada menjadi dua bagian.
2. Cetaklah tangan sebelah kiri di kertas yang sudah ditekuk. Pastikan bahwa ujung ibu jari berada dibagian kertas yang ditekuk, sehingga saat digunting nanti ujung kedua ibu jari menyatu. .
3. Gunting gambar tersebut.
4. Tuliskan ”God gave me hands to show His love to others” di bagian telapak tangan gambar tersebut.
5. Di bagian jari-jarinya, tuliskanlah apa yang dapat mereka lakukan dengan tangan mereka untuk dapat menunjukkan kasih mereka kepada orang disekitar mereka.
6. Tempelkan tangan tersebut pada kertas putih. Bentuklah sehingga saat jari telunjuk ditempelkan, tangan kita membentuk hati.
Helpful hands adik yang terbalik penulisannya.
Untuk membuatnya menjadi placemat yang cantik, anak-anak dapat menghias kertas tersebut sesuka hati mereka. Setelah itu tinggal dilaminating supaya awet. Nantinya, setiap mereka menggunakan placemat ini, mereka akan ingat bahwa tangan yang Tuhan berikan dapat digunakan untuk menunjukkan kasih kepada orang-orang disekitarnya.
Helpful hands kakak yang berisi hal-hal yang dapat dia lakukan untuk menunjukkan kasih.

4 komentar:

  1. waahhh sederhana tapi bisa dipraktikan bersama anak anak dirumah. TFS ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak.... Salam kenal.
      Iya, aktivitas ini sederhana tetapi membuat anak menjadi lebih mudah memahami arti mengasihi. Selamat mencoba ya mbak. Salam kenal untuk anaknya

      Hapus
  2. Simpel ya cara bikinnya, ajak anak bikin ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.... Salam kenal ya.
      Betul, sederhana tapi membuat anak-anak mengingat makna dari karakter mengasihi. Salam kenal untuk si kecil ya. Selamat mencoba.

      Hapus