Selasa, 16 Januari 2018

Science activity: Apakah Daun Bertulang?


November kemarin pelajaran Science kami masuk ke dalam pembahasan tumbuhan. Tidak jauh berbeda dengan pembahasan Science saat kakak kelas satu, science kelas dua kembali membahas tumbuhan. Salah satu materinya adalah mengenal fungsi dan struktur daun. 

Dari buku Abeka, dijelaskan bahwa daun berfungsi untuk membuat makanan untuk tanaman. Dan bukan hanya untuk tanaman, daun membuat makanan untuk kita juga. Sebagai contoh, dibutuhkan 30 daun untuk memproduksi satu buah apel dan dibutuhkan 12 daun pisang yang besar untuk membuat satu tandan pisang. 

Daun juga mempunyai berbagai macam bentuk. Ada yang biasa, ada yang seperti jari. Dan setiap daun mempunyai tulang daun yang berbeda juga. Tulang daun ini dalam bahasa Inggris disebut leaf's vein. Jika diterjemahkan, vein berarti pembuluh darah. Dan memang seperti pembuluh darah yang berfungsi mengangkut darah ke seluruh tubuh, tulang daun ini berfungsi mengangkut air ke setiap bagian daun. 

Untuk membantu anak-anak mengamati bentuk tulang daun, maka kami melakukan aktivitas berikut ini. Apa saja yang diperlukan?
1. Daun beraneka bentuk, minimal 2.
2. Kertas putih.
3. Pensil warna atau crayon.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Letakkan daun di bawah kertas. Pastikan daun tersebut terbuka dengan rapih.
2. Dengan menggunakan crayon atau pensil warna, arsirlah seluruh bagian kertas yang berada di atas daun tersebut. 
3. Lakukan pada beberapa jenis daun.

Apa yang akan didapatkan? Anak-anak akan lebih mudah untuk melihat bentuk tulang daun. Tulang daun mempunyai bentuk seperti jari, ataupun seperti tulang ikan. Aktivitas ini akan menyenangkan jika mereka boleh menggunakan berbagai macam warna saat mengarsir kertas yang ada.
Tulang Daun Pepaya.
Selamat mengamati tulang daun yang ada :)
Cap daun yang dilakukan adik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar