Kamis, 10 Januari 2019

Craft: Obedience Heart


Ketaatan atau Obedience menjadi topik yang cukup hangat dalam parenting, terutama bagi orang tua yang anaknya masih kecil. Kita pasti merindukan agar anak kita dapat melakukan 'first time obedience'. Akibatnya banyak cara dilakukan dengan tidak semestinya demi tujuan yang satu itu.

Memang ketaatan bukanlah hal yang mudah. Bagaimana tidak, kecenderungan manusia adalah tidak melakukan apa yang harus dilakukan. Bahkan dari saya kecil ada istilah 'peraturan dibuat untuk dilanggar'. Hal ini menunjukkan memang manusia itu pada dasarnya tidak suka untuk diatur.

Apakah ketaatan itu? Ketaatan didefinisikan sebagai dengan segera melakukan firmanNya daripada mengikuti kemauan saya. Bahasa yang sederhana untuk anak-anak adalah dengan segera dan senang hati melakukan perintah dari orang-orang yang bertanggung jawab atas saya.

Ada lima hal yang harus dilakukan saat kita berkata kita mau taat. Jika lima hal ini dapat dilakukan, maka anak-anak akan lebih mudah untuk melakukan 'first time obedience'. Lima hal tersebut adalah:
1. Cheerfully, yaitu taat dengan sikap yang baik dari hati, bukan terpaksa.
2. Immediately, yaitu segera taat dan tidak menunda.
3. Completely, yaitu melakukan semua yang harus diharapkan, jadi bukannya taat pada bagian yang ini dan tidak taat pada bagian yang lain. 
4. Generously, yaitu melakukan lebih dari yang diharapkan atau do the extra miles
5.Carefully, yaitu tidak menaati perintah yang salah. Dengan kata lain, bukan ketaatan yang membabi buta, tetapi tetap melihat juga perintah yang diberikan. 

Untuk mempermudah anak-anak mengingat akan hal ini, kami pun membuat craft tentang ketaatan. Namanya Obedience heart. Kenapa menggunakan hati? Karena ketaatan itu harus timbul dari hati sehingga tidak ada keterpaksaan. 

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Kertas warna-warni
2. Template hati.
3. Template kunci
4. Pita
5. Spidol 
6. Isolasi atau lem. 
7. Pembolong kertas.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Cetak template hati dan kunci ke atas kertas.
2. Gunting hati dan kunci yang sudah dicetak tersebut.
Kunci yang sudah jadi.
3. Lipat hati yang telah digunting sehingga menjadi bentuk hati. 
4. Lubangi kunci dan hati tersebut di satu sisi. 
5. Di bagian dalam hati, tuliskan 5 hal yang menjadi komitmen anak saat berlaku taat. 
I will tulisan adik.
6. Di sisa kertas yang ada, buatlah gambar persegi dan lubang kunci di dalamnya. Setelah itu gunting gambar tersebut.
7. Tempelkan lubang kunci disalah satu sisi.
Obedience heart :)
8. Gantunglah kunci di hati yang ada dengan menggunakan pita. 

Tentu saja menulis ini semua akan lebih mudah daripada melakukannya. Dan memang susah untuk mengharapkan anak-anak dapat langsung taat. Tetapi harapan kami adalah saat mereka membuat ini, mereka jadi teringat dan melakukannya :)
I will si kakak.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar