Sabtu, 28 September 2019

Math Mammoth 101: How to Use Math Mammoth


Masih melanjutkan tentang MathMammoth, setelah tahu tentang bermacam-macam tipe Math Mammoth, maka pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah bagaimana cara menggunakan Math Mammoth. Tidak seperti buku lain yang ada teacher guide, Math Mammoth tidak memberikan buku panduan untuk guru. Tetapi walaupun tidak memberikan panduan untuk guru, Math Mammoth mudah untuk digunakan.
Penjelasan untuk sub bab geometri. 
Penggunaan Math Mammoth pada setiap tingkatan
Math Mammoth pada setiap grade terdiri dari dua workbook untuk murid (bagian A dan B), kunci jawaban, cumulative review, test, dan cutouts (tidak selalu ada,tergantung materi yang akan diajarkan). Cutouts merupakan alat bantu tambahan yang dapat digunakan untuk menerangkan salah satu pelajaran di bab yang ada. Didalam setiap workbook terdapat penjelasan singkat mengenai isi dari bab tersebut. Dalam setiap sub bab pun diberikan keterangan mengenai pelajaran yang akan diberikan. Dengan adanya bagian ini, kita sebagai guru dapat membaca dan menerangkan kepada anak-anak.
Penjelasan mengenai isi bab yang akan dikerjakan.
Kita dapat mengerjakan satu atau dua soal bersama dengan anak sehingga anak memahami cara mengerjakan soal tersebut. Setelah itu biarkan si anak untuk mengerjakannya. Untuk memeriksa isi jawaban, maka kita dapat menggunakan kunci jawaban yang diberikan.
Cutout untuk pecahan. 
Setelah anak-anak menyelesaikan semua materi dalam satu bab, maka lembar cumulative review dapat diberikan. Cumulative review ini berisi kumpulan soal-soal dari bab-bab sebelumnya. Harapannya dengan adanya materi-materi sebelumnya, anak-anak tidak akan lupa materi sebelum-sebelumnya.
Cumulative review setelah bab 6 selesai. 
Setelah anak-anak menyelesaikan cumulative review, maka kita dapat memberikan test kepada anak tersebut. Test ini bersifat opsional, boleh diberikan atau tidak. Saya pribadi lebih suka memberikan test ini untuk memeriksa seberapa besar si anak menguasai suatu materi.

Bagaimana caranya untuk tahu bahwa si anak menguasai materi atau belum? Salah satu cara untuk memeriksa apakah si anak menangkap suatu konsep adalah saat si anak mengerjakan soal cerita. Jika si anak dapat mengerjakan soal cerita tersebut, maka dapat dikatakan bahwa si anak memahami konsep dari suatu materi. Jika kita rasa anak belum menguasai materi tersebut, baik soal cerita ataupun soal konsep sederhana, maka kita dapat mengulang materi yang kita rasa belum dikuasai oleh si anak sampai anak mengerti. Biasanya saya akan mencetak ulang soal yang belum dikuasai, dan meminta anak untuk mengerjakan kembali.
Test yang diberikan setelah anak menyelesaikan pelajaran.
Cara menyelesaikan Math Mammoth dalam satu tahun ajaran.
Pertanyaan ini sering muncul dan dipertanyakan oleh teman-teman. Berapa banyak lembar soalkah yang harus diberikan kepada si anak setiap kali belajar. Ada beberapa cara yang dapat digunakan.

Yang pertama, dengan membagi lembar soal berdasarkan jumlah hari efektif. Bagilah materi dalam dua semester (berdasarkan bagian A dan bagian B), lalu hitunglah lembar soal yang ada dalam suatu bagian. Setelah itu hitung juga berapa banyak cumulative review dan test yang ada dalam satu bagian. Tentukan juga jumlah hari yang akan digunakan untuk belajar matematika dalam satu semester. Jumlah hari yang ada dalam 1 semester akan digunakan untuk mengerjakan soal dan juga cumulative review dan test. Idealnya jumlah hari yang akan digunakan untuk mengerjakan cumulative review dan test akan sama dengan jumlah cumulative review dan test yang ada.

Untuk mendapatkan jumlah hari yang dapat digunakan untuk mengerjakan soal, kurangi jumlah hari dalam 1 semester dengan jumlah cumulative review dan jumlah test. Untuk mendapatkan jumlah lembar per hari, kita tinggal membagi jumlah halaman lembar soal dengan jumlah hari untuk soal.  Maka akan didapatkan minimal lembar soal yang harus dikerjakan supaya materi ini selesai dalam 1 semester.

Misal, untuk grade 4A,
Halaman lembar soal = 181 halaman.
Jumlah cumulative review = 3 cumulative review
Jumlah test = 4 test

Jumlah hari dalam 1 semester = 100 hari
Jumlah hari untuk soal = jumlah hari – jumlah C. Review – jumlah test = 100 - 3 - 4 = 93 hari
Jumlah lembar soal/hari = jumlah halaman lembar soal : jumlah hari untuk soal = 181/93 = 1.94 (2 lembar per hari) 
  
Cara yang kedua adalah dengan mengerjakan berdasarkan sub bab. Ini adalah cara yang biasa saya gunakan. Dalam suatu bab, terdapat beberapa sub bab. Setiap sub bab memiliki 2 hingga 5 lembar soal. Dalam setiap pertemuan, kakak menyelesaikan satu sub bab. Setelah semua sub bab selesai, maka kami melanjutkan dengan menyelesaikan cumulative review dalam 1 pertemuan dan setelah itu test dalam 1 pertemuan.

Alasan mengapa saya memilih dengan cara yang kedua adalah untuk memudahkan saya membagi pelajaran. Sehingga saya punya waktu lebih sebagai waktu cadangan jika saya saya harus mengulang suatu materi. Jika semua berjalan lancar, maka saya dapat lanjut ke bab atau buku berikutnya.

Pada dasarnya tidak ada patokan bahwa suatu materi harus selesai dalam suatu waktu, karena kecepatan anak berbeda-beda. Dengan kata lain, kita dapat menyesuaikan penggunaan Math Mammoth sesuai kebutuhan kita dan kemampuan si anak. Seperti yang selalu saya katakan, kurikulum membantu kita untuk mengajar, bukan membuat kita menjadi stres karena dikejar-kejar kurikulum.

Selamat menggunakan Math Mammoth :)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar