Masih melanjutkan tentang MathMammoth, setelah tahu
tentang bermacam-macam tipe Math Mammoth, maka pertanyaan berikutnya yang
sering muncul adalah bagaimana cara menggunakan Math Mammoth. Tidak seperti
buku lain yang ada teacher guide,
Math Mammoth tidak memberikan buku panduan untuk guru. Tetapi walaupun tidak
memberikan panduan untuk guru, Math Mammoth mudah untuk digunakan.
Penjelasan untuk sub bab geometri. |
Penggunaan Math Mammoth pada setiap tingkatan
Math Mammoth pada setiap grade terdiri
dari dua workbook untuk murid (bagian
A dan B), kunci jawaban, cumulative
review, test, dan cutouts (tidak
selalu ada,tergantung materi yang akan diajarkan). Cutouts merupakan alat bantu tambahan yang dapat digunakan untuk
menerangkan salah satu pelajaran di bab yang ada. Didalam setiap workbook terdapat penjelasan singkat
mengenai isi dari bab tersebut. Dalam setiap sub bab pun diberikan keterangan
mengenai pelajaran yang akan diberikan. Dengan adanya bagian ini, kita sebagai
guru dapat membaca dan menerangkan kepada anak-anak.
Penjelasan mengenai isi bab yang akan dikerjakan. |
Kita dapat mengerjakan satu atau
dua soal bersama dengan anak sehingga anak memahami cara mengerjakan soal
tersebut. Setelah itu biarkan si anak untuk mengerjakannya. Untuk memeriksa isi
jawaban, maka kita dapat menggunakan kunci jawaban yang diberikan.
Cutout untuk pecahan. |
Setelah anak-anak menyelesaikan
semua materi dalam satu bab, maka lembar cumulative
review dapat diberikan. Cumulative
review ini berisi kumpulan soal-soal dari bab-bab sebelumnya. Harapannya dengan
adanya materi-materi sebelumnya, anak-anak tidak akan lupa materi
sebelum-sebelumnya.
Cumulative review setelah bab 6 selesai. |
Setelah anak-anak menyelesaikan cumulative review, maka kita dapat
memberikan test kepada anak tersebut. Test ini bersifat opsional, boleh
diberikan atau tidak. Saya pribadi lebih suka memberikan test ini untuk
memeriksa seberapa besar si anak menguasai suatu materi.
Bagaimana caranya untuk tahu
bahwa si anak menguasai materi atau belum? Salah satu cara untuk memeriksa
apakah si anak menangkap suatu konsep adalah saat si anak mengerjakan soal
cerita. Jika si anak dapat mengerjakan soal cerita tersebut, maka dapat
dikatakan bahwa si anak memahami konsep dari suatu materi. Jika kita rasa anak
belum menguasai materi tersebut, baik soal cerita ataupun soal konsep sederhana,
maka kita dapat mengulang materi yang kita rasa belum dikuasai oleh si anak
sampai anak mengerti. Biasanya saya
akan mencetak ulang soal yang belum dikuasai, dan meminta anak untuk
mengerjakan kembali.
Test yang diberikan setelah anak menyelesaikan pelajaran. |
Cara menyelesaikan Math
Mammoth dalam satu tahun ajaran.
Pertanyaan ini sering muncul dan dipertanyakan oleh teman-teman. Berapa
banyak lembar soalkah yang harus diberikan kepada si anak setiap kali belajar.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan.
Yang pertama, dengan membagi lembar soal
berdasarkan jumlah hari efektif. Bagilah materi dalam dua semester (berdasarkan bagian A dan bagian B),
lalu hitunglah lembar soal yang ada dalam suatu bagian. Setelah itu hitung juga
berapa banyak cumulative review dan
test yang ada dalam satu bagian. Tentukan juga jumlah hari yang akan digunakan
untuk belajar matematika dalam satu semester. Jumlah hari yang ada dalam 1
semester akan digunakan untuk mengerjakan soal dan juga cumulative review dan test. Idealnya jumlah hari yang akan
digunakan untuk mengerjakan cumulative
review dan test akan sama dengan jumlah cumulative
review dan test yang ada.
Untuk mendapatkan jumlah hari yang dapat digunakan untuk mengerjakan soal,
kurangi jumlah hari dalam 1 semester dengan jumlah cumulative review dan jumlah test. Untuk mendapatkan jumlah lembar
per hari, kita tinggal membagi jumlah halaman lembar soal dengan jumlah hari
untuk soal. Maka akan didapatkan minimal
lembar soal yang harus dikerjakan supaya materi ini selesai dalam 1 semester.
Misal, untuk grade 4A,
Halaman lembar soal = 181 halaman.
Jumlah
cumulative review = 3 cumulative review
Jumlah test = 4
test
Jumlah hari
dalam 1 semester = 100 hari
Jumlah hari
untuk soal = jumlah hari – jumlah C. Review – jumlah test = 100 - 3 - 4 = 93 hari
Jumlah lembar
soal/hari = jumlah halaman lembar soal : jumlah hari untuk soal = 181/93 = 1.94 (2 lembar per hari)
Cara yang kedua adalah dengan
mengerjakan berdasarkan sub bab. Ini adalah cara yang biasa saya gunakan. Dalam
suatu bab, terdapat beberapa sub bab. Setiap sub bab memiliki 2 hingga 5 lembar
soal. Dalam setiap pertemuan, kakak menyelesaikan satu sub bab. Setelah semua
sub bab selesai, maka kami melanjutkan dengan menyelesaikan cumulative review dalam 1 pertemuan dan
setelah itu test dalam 1 pertemuan.
Alasan mengapa saya memilih
dengan cara yang kedua adalah untuk memudahkan saya membagi pelajaran. Sehingga
saya punya waktu lebih sebagai waktu cadangan jika saya saya harus mengulang
suatu materi. Jika semua berjalan lancar, maka saya dapat lanjut ke bab atau
buku berikutnya.
Pada dasarnya tidak ada patokan
bahwa suatu materi harus selesai dalam suatu waktu, karena kecepatan anak
berbeda-beda. Dengan kata lain, kita
dapat menyesuaikan penggunaan Math Mammoth sesuai kebutuhan kita dan kemampuan
si anak. Seperti yang selalu saya katakan, kurikulum membantu kita untuk
mengajar, bukan membuat kita menjadi stres karena dikejar-kejar kurikulum.
Selamat menggunakan Math Mammoth :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar