Selasa, 26 Juli 2016

Cooking Time: Fish Bite

Fish Bite
Duo Lynns suka sekali yang namanya makan ikan. Kalau makan sama ikan, ups pakai ikan goreng, makannya bisa cepat sekali, apalagi kalau sayurnya pare. Rasanya bahagia sekali melihat anak-anak makan. Nah, dalam rangka mengurangi jumlah craft di rumah, tempat penyimpanan sudah penuh, Minggu lalu kami membuat salah satu makanan kesukaan kami. Kenapa memasak pun dijadikan aktivitas? Supaya mereka terbiasa dengan yang namanya dapur. Dan makanan yang dimasak di rumah pastinya lebih sehat daripada jajan di luar (plus lebih irit). Apalagi kalau anak-anak ikut serta dalam proses pembuatan makanan, pasti mereka jadi tambah semangat untuk makan.

Fish bite ini sangat mudah dibuat. Tentu saja bagian goreng menggoreng dilakukan oleh orang dewasa, bukan anak-anak. 
Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Ikan (bentuk fillet), biasanya saya pakai ikan dori. 
2. Telor
3. Tepung roti. Karena tepung roti sudah sedikit, jadi dicampur sedikit tepung beras supaya renyah. Letakkan di wadah Lock n Lock atau plastik transparan atau ziplock yang besar. 
5. Minyak untuk menggoreng
6. Garam secukupnya.

Ikan dan tepung roti yang dicampur tepung beras
Langkah-langkahnya:
1. Potong fillet ikan sesuai dengan yang diinginkan. Idealnya sih potong dadu. Tapi kemarin saya memotongnya sedikit lebih besar.
2. Lumuri ikan dengan garam. Jika suka, boleh ditambah lada sedikit ataupun Italian seasoning (buat orang-orang yang senang ikannya ada wangi-wangi sedikit). Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lebih juga boleh.
3. Kocok telur di wadah terpisah, kemudian tuang ke atas ikan dan aduk pelan-pelan dengan tangan.
4. Masukkan ikan satu per satu ke wadah yang berisi tepung, jangan terlalu penuh.
5. Tutup wadah tersebut. Kemudian kocok wadah tersebut sampai seluruh ikan terbalut tepung. Ini adalah proses penepungan pertama
6. Keluarkan ikan yang sudah terbalut tepung, lalu baluri dengan telur lagi. Kemudian masukkan ke wadah berisi tepung dan tutup. Kemudian tutup wadah tersebut dan kocok lagi wadah tersebut. Ini adalah proses penepungan kedua.
7. Sesudah itu keluarkan ikan dari wadah, pindahkan ke piring atau nampan yang kering.
8. Ulangi langkah 4 sampai dengan 7 sampai semua ikan sudah terbalut tepung.
9. Goreng sampai kuning kecoklatan.

Bagian terserunya adalah saat anak-anak mengocok ikan yang sudah diletakkan dalam wadah. Biasanya kakak dan adik akan rebutan untuk mengocok, dan saat mengocok, anaknya sibuk lompat walau ikannya belum terbalut tepung. Dan karena anak-anak biasanya suka sentuh sana sentuh sini, saat melakukan aktivitas ini tangannya saya bungkus dengan sarung tangan. Jadi mamanya tidak senewen dengan tangan kecil yang terkena daging mentah ini. Hampir semua proses dilakukan oleh anak-anak, kecuali bagian menggoreng dan bagian memotong ikan.

Karena kemarin tepung roti cuma sedikit, maka sebagian diberi tepung sampai dua kali (gambar yang diatas), dan sebagian hanya ditepungi satu kali. Kalau punya seasoning lainnya, bisa juga diberikan di tepung roti, supaya lebih wangi. Saat makan, kalau ada saosnya pasti akan lebih enak. Kalau ada tartar sauce atau mayonaise atau lemon, boleh juga digunakan. Kalau tidak ada, ya bisa pakai saos sambal seperti Opa. Sedang untuk Duo Lynns, saos tomat adalah teman yang pas untuk fish bite ini :)  


Fish bite dengan satu kali proses penepungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar