Kamis, 09 Maret 2017

Playing with Fun Thinkers


Jika ditanya hadiah apa sih yang dapat diberikan untuk anak? Pasti jawabannya macam-macam. Ada yang suka memberikan hadiah mainan, gadget, buku, boneka, baju, pernak-pernik, dan sebagainya. Kalau kami, kami lebih sering memberikan hadiah mainan edukasi dan buku yang bagus untuk anak-anak, termasuk untuk hadiah bagi anak orang lain. Dan biasanya....buku dan mainan edukasi ini harganya mahal tidak sopan. Barangnya kecil tetapi harganya dapat membuat orang tua melotot. Kadang kami berpikir untuk memberikan hadiah mainan saja, toh harganya murah dan barangnya besar. Tetapi akhirnya kami tetap membeli mainan edukasi, buku aktivitas atau bacaan yang berguna bagi anak-anak. Lebih baik keluar untuk sesuatu yang berguna daripada mainan yang tidak jelas.

Salah satu permainan edukasi yang kami beli untuk anak-anak adalah Fun Thinkers. Awalnya kami mendengar dari salah satu teman homeschool kami tentang produk ini. Kami mencoba mencari tahu. Fun Thinkers adalah permainan edukasi dalam bentuk buku dan 'match-frame'. Match-frame berarti di setiap lembar diletakkan frame dan anak-anak akan mencocokkan sesuai instruksi. Fun Thinkers merupakan salah satu produk Grolier. Grolier sendiri adalah salah satu penyedia buku dan kebutuhan in-home learning, yang berada dibawah Scholastic. 

1 paket Fun Thinkers terdiri dari 10 buku dan 1 match frame yang dikemas rapi dalam 1 tas. Ada 3 materi yang masing-masing dibagi menjadi 3 level dan 1 materi lepasan. Level 1 adalah yang paling mudah, level 3 adalah yang paling sulit. 
1. English
Materi ini berisi segala hal yang berhubungan dengan phonics dan vocabulary dan merangkai suatu kejadian. 
Level 1 Word Play
Level 2 Sounds Like Fun
Level 3 Word for Word Fun 

2. Math 
Materi ini berisi segala hal yang berhubungan dengan hitungan, baik  melalui kombinasi antara gambar dan angka. Materinya dimulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan sebagainya. Dalam materi ini juga dibahas mengenai pecahan, waktu, dan mata uang. 
Level 1 Number Count
Level 2 Figure on Fun
Level 3 Facts, Figures and Fun

3. Thinking Skills
Materi ini berhubungan dengan segala sesuatu yang mengasah otak dan pengetahuan umum lainnya. 
Level 1 Shhh, I'm Thinking 
Level 2 Mind Your P's & Clues 
Level 3 Mind Puzzle 

All Around Fun: Rhymes & Reasons 
Materi ini berhubungan dengan sanjak, pengetahuan umum. 
Sumber foto: grolier-asia.com
Cara bermainnya cukup sederhana. Frame yang ada diletakkan di atas halaman buku, dan di bagian kiri diletakkan kotak-kotak yang berisi nomor dari 1 sampai dengan 16 secara urut. Kemudian dengan mengikuti instruksi yang diberikan diatas, anak akan memindahkan nomor-nomor tersebut ke bagian sebelah kanan. Nah saat dipindahkan ke sebelah kanan, nomor-nomor yang dipindahkan ke kanan bisa jadi tidak urut (karena tergantung jawaban dari instruksi diatas). Untuk memeriksa jawaban, cukup tutup frame yang ada, lalu dibalik. Jika pola warna pada kotak nomor tersebut sama dengan pola warna pada sudut kanan atas, maka jawabannya benar. 
Math Level 1. 
Kami pun menjadi tertarik dan ingin mencoba. Tetapi saat melihat harganya, terkaget-kagetlah kami. Harganya diatas ekspektasi kami. Kami pun membatalkan niat untuk membeli. Tetapi semakin dipikir, semakin kepengen rasanya untuk membelinya. Akhirnya kami memutuskan untuk mengontak salah satu Book Advisor Grolier. Kenapa kami jadi memutuskan untuk membelinya walaupun harganya membuat kami harus mengetatkan ikat pinggang selama beberapa bulan? 
1. Buku ini menggunakan 'match-frame', maka anak-anak akan tertarik dan tanpa disadari mereka belajar sambil bermain. 
2. Dengan metode 'match-frame', anak-anak belajar untuk fokus dengan lembar kerja mereka. Dan memang dengan memainkan ini, anak-anak dapat lebih fokus mengerjakan hal lainnya. 
3. Permainan dalam Fun Thinkers ini sangat baik untuk  mengasah otak dan menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. 
4. Daripada membeli mainan untuk anak yang mahal lalu tidak ada manfaat jangka panjang atau daripada membekali anak dengan gadget yang harganya mahal dan membuat anak menjadi kecanduan gadget (untungnya anak-anak tidak ada yang kecanduan gadget karena mamanya tidak punya gadget wah dan dapat mencari aktivitas lainnya), lebih baik menggunakan dana untuk membeli Fun Thinkers. 
5. Dengan adanya contoh dan pola warna untuk memeriksa jawaban, anak-anak dapat bermain mandiri saat bermain Fun Thinkers. 
6. Fun Thinkers dapat dimainkan sejak anak- anak berusia 2 tahun. Kita dapat memilihkan soal yang sesuai dengan umur mereka. Saat kami membeli Fun Thinkers, adik berusia 1 tahun lebih. Kami hanya bermain dengan bentuk dan warna. Dan biasanya di akhir permainan, adik dan kakak bermain dengan nomor-nomor tersebut. Kata mereka, kotak bernomor tersebut adalah cookies.
7. Untuk homeschooler, Fun Thinkers membantu anak untuk belajar lebih cepat karena memang Fun Thinkers dari Grolier (dan produk-produk Grolier bertujuan untuk in-home learning). 
8. Anak-anak menjadi lebih cepat memahami kosakata dalam bahasa inggris. Dan saya pun jadi belajar banyak hal lagi.
English level 3
Selain Fun Thinkers, ada juga produk lain Grolier seperti Talking English, Disney English, ensiklopedi Aku Tahu Mengapa, Logico, dan sebagainya. Saya sempat datang ke cabang Grolier di Jakarta karena ingin mencari ensiklopedi Aku Tahu Mengapa yang dalam bahasa Inggris, untuk melatih anak-anak membaca Bahasa Inggris.  
Produk Grolier lainnya yang membuat mata jadi hijau
Ternyata setelah membeli produknya, kami dapat menjadi Book Advisor atau boleh menjual produk Grolier. Karena melihat manfaat dari produk Grolier ini begitu bagus, akhirnya saya berpikir untuk mencoba menjual. Jadi bagi yang berminat untuk tahu lebih lanjut atau ingin membeli (baik untuk membeli secara cash, arisan, atau cicil), dapat menghubungi saya. Maaf jadi ada iklannya ya, karena produk ini memang bagus untuk anak-anak =D

PS: Terkadang, Duo Lynns rela tidak menonton TV hanya untuk bermain Fun Thinkers =D

2 komentar:

  1. Permainannya bagus sekali untuk anak-anak nih. Saya jadi tertarik untuk juga ikut memberikan mainan ini untuk keponakan yang masih kanak-kanak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.... Salam kenal :)
      Betul, mainan ini menarik. Memang harganya mahal, tetapi investasi yang baik untuk anak-anak. Daripada membiasakan mereka bermain gadget. Silakan menghubungi saya jika memang tertarik untuk membeli ya ;)

      Hapus