Selasa, 31 Juli 2018

DIY Busy Book: Geography Project


Namanya acara kumpul bocah, kami mama-mama selalu harus memutar otak agar mereka melakukan aktivitas bersama yang menarik dan bermanfaat. Kali ini kami kembali beraktivitas dengan craft bersama dengan auntie C. Auntie C ingin mengajak anak-anak untuk membuat busy book yang sederhana. Akhirnya dipilihlah topik Geography Project.

Saat mendengar kata ‘Geografi’, pastilah terlintas di kepala kita batas wilayah Negara A, letak lintang dan bujur negara A, dan hal-hal yang membuat sakit kepala. Namun kali ini anak-anak diajak menjelajah dunia dengan menggunakan busy book.
Alat untuk menjelaskan bumi dan kontinen 
Aktivitas kami diawali dengan doa dan sedikit penjelasan tentang kontinen dan benua yang ada di bumi ini. Secara garis besar, para ahli geografi membagi bumi ini menjadi 7 kontinen, yaitu Eropa, Asia, Afrika, Australia, Antartika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Anak-anak diajak untuk mengenal setiap bagian secara singkat. Setelah muncul pertanyaan-pertanyaan ala anak-anak, maka kami pun meminta auntie C untuk melanjutkan dengan pembuatan busy book.
Tools untuk busy book.
Auntie C membagikan setiap bahan yang diperlukan kepada setiap anak. Dengan sabar auntie C menerangkan trik-trik untuk membuat busy book. Dan serunya, kami tidak menggunakan jarum sama sekali. Sama seperti membuat lap book, jadi semua menggunakan lem dan peralatan-peralatan yang children friendly.
Bahan-bahan yang akan digunakan.
Glue gun time.... 
Ada apa saja di dalam busy book ini? Di halaman pertama, anak-anak mendapatkan world map.
World map dengan code :)
Setelah ini ada peta Indonesia yang mereka warnai sendiri.
Harap maklum dengan warnanya =D
Dan ada halaman yang berisi gambaran luas dari rumah mereka hingga dunia ini, di mana alamat mereka, jalan rumah mereka, kota mereka, pulau mereka, negara mereka, kontinen mereka, dan dunia mereka.
Ada apa di dalam ini?
Ini isinya 
Setelah itu ada halaman yang berisi aktivitas yang dapat mereka lakukan, yaitu memasangkan hal-hal yang unik dari suatu kontinen dengan kontinennya. Bagaimana kalau kita lupa? Lihat saja kode warnanya.
Find my continents :) 
Di halaman terakhir adalah nama dari pemilik buku ini.
Let's fly mom....
 Duo Lynns senang sekali dengan aktivitas ini. Dan memang geografi tidak harus yang ngejelimet dan susah kan? 
Dan dimulailah aktivitas menggunakan busy book ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar