Senin, 01 April 2019

Character Learning: Decisiveness


Pembelajaran karakter merupakan hal yang penting bagi kami dalam mendidik anak-anak. Itulah sebabnya komunitas kami selalu mengedepankan pembelajaran karakter dalam setiap pertemuan bulanan yang diadakan. Di awal tahun ini, karakter perdana yang kami bahas adalah decisiveness

Diawali dengan doa, auntie Luc menerangkan sedikit tentang decisiveness. Decisiveness atau berketetapan adalah kemampuan untuk mengambil keputusan yang sukar berdasarkan kehendak dan caranya Tuhan. Dalam bahasa yang sederhana, decisiveness berarti doing things God's way atau melakukan segala hal dengan caranya Tuhan. Lawan dari decisiveness adalah double-mindedness, yang didefinisikan sebagai berpindah-pindah saat dihadapkan pada dua pilihan.

Melakukan sesuai maunya Tuhan bukanlah hal yang mudah, bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang tua. Seringkali kita jadi dilema karena pilihan yang dihadapkan pada kita. Bagaimana cara kita supaya tidak bingung? Namanya juga melakukan sesuai dengan maunya Tuhan, berarti kita harus melekat pada Tuhan. Untuk melekat dengan Tuhan, tidak ada cara lain selain membaca firmanNya dan mengenali pribadiNya.

Untuk membuat anak lebih mengerti, kepada setiap anak diberikan beberapa gambar dari setiap situasi. Mereka diminta untuk memilih manakah tindakan yang mencerminkan decisiveness dan manakah tindakan yang tidak mencerminkan decisiveness. Setiap anak diberikan sticker dan diminta untuk menempelkan sticker ke tindakan yang seharusnya mereka lakukan. Tentunya mereka semangat untuk melakukannya. 

Pertemuan perdana kami di bulan Januari tidaklah berlangsung dengan lama, namun anak-anak lebih banyak playdate, setelah sebulan lebih tidak bertemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar