Rabu, 24 April 2019

Cooking: Wedang Ronde Ala Lynns


Kami sekeluarga sangat suka wedang ronde. Apalagi kalau dimakan saat cuaca dingin, rasanya badan terasa hangat. Saat kami ke Bandung kemarin, kami sempat membeli wedang ronde Gardujati yang terkenal enak. Anak-anak pun penasaran bagaimana sih cara membuat ronde. 

Setelah googling sana-sini, kami mendapatkan resep untuk membuat ronde dan wedang. Berikut resep yang sudah kami modifikasi, sesuai dengan kebutuhan dan supaya tidak repot. 

Bahan untuk ronde warna putih: 
150 gram tepung ketan
135 ml air
1/4 sendok teh garam

Bahan untuk ronde warna-warni:
75 gram tepung ketan
70 ml air
1 - 2 tetes pewarna makanan

Bahan untuk kuah:
Sereh 2 buah.
Jahe 1 buah. 
Air secukupnya. 
Gula jawa secukupnya. 
Pandan secukupnya. 

Cara membuat ronde:
1. Untuk membuat ronde putih, campur tepung ketan dengan garam, lalu berikan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menyatu. Jika tekstur adonan masih terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung ketan. 
2. Untuk membuat ronde berwarna, teteskan pewarna makanan ke air yang ada. Lalu masukkan sedikit demi sedikit ke tepung ketan. Aduk perlahan hingga adonan menyatu. 
3. Disetiap adonan yang sudah jadi, buatlah bola-bola sesuai dengan keinginan. Biasanya kalau dibuat bola besar, di dalamnya diberikan isi kacang dan wijen. 
4. Siapkan air untuk merebus ronde yang sudah dibuat. Saat air mendidih, masukkan bola-bola ronde. Tunggu sampai ronde tersebut mengapung, lalu angkat. Siram dengan air dingin supaya tidak menempel satu dengan yang lain.
Bola-bola ronde sudah siap.
Cara membuat wedang:
1. Cuci bersih jahe yang ada, bagi menjadi beberapa bagian. Kemudian setiap bagian yang ada digeprek.
2. Cuci bersih sereh yang ada kemudian memarkan batang serainya.
3. Rebus air beserta jahe dan sereh tersebut. Matikan setelah mendidih.
4. Di tempat terpisah, rebus gula jawa dan daun pandan dan air. Biasanya gula jawanya sudah saya potong tipis-tipis supaya tidak terlalu lama.

Kali ini oma kepingin ikutan membantu. Jadi oma menggunakan daun suji untuk membuat warna hijau. Sedangkan Duo Lynns berseksperimen dengan ronde berwarna putih, yang disulap jadi warna kuning, dan ronde bewarna merah muda. Bentuknya pun tidak kalah ajaib. Dari bola kecil, bola besar, kotak, segitiga, dan bentuk-bentuk aneh lainnya. 

Bagaimana dengan rasanya? Mirip dengan yang kami makan di Bandung. Lumayan untuk mengobati rasa kangen :)
Ronde yang adik mau makan, ada bentuk jamurnya :D

2 komentar:

  1. Pas cuaca hujan gini enak banget minum wedang ronde. Udah 10 th lebih gak pernah minum minuman ini😭padahal dulu waktu jadi anak kos sering banget beli di bapak2 yg bawa gerobak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Hujan-hujan enak minum ini. Buat sendiri saja, gak susah kok 😉

      Hapus