Jumat, 09 Agustus 2019

Field Trip to PP IPTEK


Kalau mendengar kata field trip ke Taman Mini Indonesia Indah, pasti semua membayangkan jalan-jalan ke setiap anjungan yang ada. Hmm, tidak salah sih. Namun di TMII banyak tempat lain yang bisa dikunjungi untuk field trip. Salah satunya adalah Pusat Peragaan IPTEK.

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau biasa disebut PP IPTEK ini merupakan science center yang berada di kawasan Taman Mini. Yang namanya Science Center, tentunya bertujuan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara menyenangkan, sama halnya dengan Science Center di Bandung ataupun Taman Pintar di Jogja. Pembangunan PP IPTEK ini tentunya tidak lepas dari gagasan B.J. Habibie, yang saat itu menjadi menristek RI.
Salah satu alat peraga tentang medan magnetik. 
Mengenal rangkaian seri dan rangkaian paralel.
Saat komunitas kami field trip ke sana, ternyata sedang ada acara di pintu masuk. Kami pun disarankan untuk masuk melalui pintu samping. Setelah semua peserta lengkap, kami memulai field trip kami di sini. Konon katanya ada sekitar 250 alat peraga yang disiapkan untuk anak-anak dari TK sampai dengan SMA.

Oleh petugas yang ada kami disarankan untuk menuju ruang science di lantai 2. Di ruangan ini akan diadakan percobaan tentang balon pada pukul 10.00. Anak-anak pun bergegas menuju ke lantai 2. Di percobaan kali ini anak-anak diajak bermain dengan balon.
Kakak diminta melakukan percobaan dengan balon yang diisi air. 
Adik melakukan percobaan dengan balon yang disemprot minyak kayu putih. 
Berhubung anak-anak masih kecil-kecil, maka kami pun kembali ke lantai dasar untuk melihat alat-alat peraga yang sesuai dengan umur anak-anak. Pertama anak-anak bermain dengan baterai tangan. di percobaan ini anak-anak belajar dengan menyenangkan tentang teori yang dikemukakan oleh Alessandro Volta, yaitu perpindahan ion antara 2 logam yang berbeda jenis adalah prinsip dasar baterai. Dengan menggunakan ion-ion yang keluar dari kedua telapak tangan yang digosokkan, maka elektron yang keluar dapat menjadi baterai, yang terlihat pada alat.
Baterai tangan.
Mengubah energi menjadi daya.
Menyalakan lampu dengan cara mengayuh sepeda.

Musik dari pipa.
Di lantai dasar ini juga terdapat ruangan untuk simulasi gempa dan juga simulasi tsunami. Di ruangan ini, anak-anak belajar mengetahui apa yang akan dirasakan saat gempa. Antrian di simulasi gempa ini lumayan panjang, tetapi juga cepat bergerak.
Merancang bangunan tahan gempa.
Simulasi tsunami.
Cara yang fun untuk mempelajari gaya gesek.
Bola mana yang sampai duluan?  
Berhubung kami masih ada tempat tujuan berikutnya, yaitu Dunia Air Tawardan Dunia Serangga, maka kami pun menyelesaikan kunjungan kami di PP IPTEK. Masih ada lantai 3 yang belum kami jelajahi, mungkin di lain waktu akan kami jelajahi, saat anak-anak sudah SMP.
Smart Screen, saat disentuh akan muncul keterangan tentang hewan yang disentuh.
Tempat kesukaan anak-anak, saat disentuh, akan keluar suara alat musiknya. 
Sekilas Info
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK)
Alamat: Jl. Raya TMII, RW 10, Jakarta Timur 13810
Telephone: 021-8401488
Jam operasional: 08.30 – 16.00 (Senin – Jumat), 09.00 – 16.30 (Sabtu – Minggu)
HTM: Rp 16.500,00

Jam Operasional TMII: 07.00 – 22.00
HTM Taman Mini:
Mobil: Rp 15.000,00
Motor: Rp 10.000,00
Bus/Truk: Rp 35.000,00

Tiket Pintu Masuk: Rp 20.000,00 (3 tahun sudah dikenakan biaya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar