Selasa, 16 Oktober 2018

Membuat Pizza di Popolamama


Beberapa bulan lalu, salah satu teman homeschooler berulang tahun. Dalam rangka sekalian merayakan ulang tahunnya, maka acara homeschool meeting kami adalah membuat pizza. Tentu saja anak-anak senang sekali. Maklum, kegiatan yang berhubungan dengan menghasilkan makanan selalu menarik bagi anak-anak. Lokasi yang dipilih oleh auntie L adalah Popolamama di Taman Anggrek. 
Meja yang sudah dipersiapkan untuk aktivitas 
Setelah semua anak berkumpul, maka kegiatan membuat pizza akan segera dimulai. Anak-anak diajak untuk mencuci tangan mereka terlebih dahulu. Chef yang ada menjelaskan bahwa pembuatan pizza di Popolamama tidak menggunakan alat melainkan handmade. Oleh sebab itu dough yang ada ditekan dengan menggunakan tangan hingga melebar. Anak-anak diberikan penjelasan bahwa jika mulai lengket, anak-anak dapat mengambil sedikit tepung dan menaburkannya ke atas bagian yang lengket. 
Antri cuci tangan dulu ya 
Contoh Pizza
Dough yang mau dibuat lebar
Setelah dough sudah melebar, maka waktunya untuk memberi saos tomat atau tomate paste. Diatas tomato paste tersebut ditaburkan keju. 
Pemberian tomato paste
Ketika selesai, dough tersebut diberi nama dan langsung dipanggang kurang lebih 3 menit. Panggangannya pun unik, seperti tungku besar. Dan begitu selesai, anak-anak pun sibuk makan sebelum sempat difoto. 
Tada....pizza siap dipanggang
Apa saja yang dipelajari mereka dari kegiatan ini? Untuk mengolah makanan, kebersihan itu penting. Oleh sebab itu cuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan itu penting. Selain itu mereka belajar untuk mengikuti instruksi saat membuat makanan. Walau anak-anak yang kecil tergoda untuk langsung memasukkan topping ataupun keju. 

Acara pertemuan kami ditutup dengan memotong kue ulang tahun dan mendoakan li'l D. Have a blessed birthday, sweetheart :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar