Rabu, 03 Oktober 2018

Merah Putih Indonesia


Jika berbicara tentang bulan Agustus, rasanya kami selalu menganggap bahwa bulan ini merupakan bulan yang istimewa bagi beberapa negara. Betapa tidak, banyak negara yang merdeka di bulan Agustus, seperti negara kita tercinta, Singapore, Korea, dan negara-negara lainnya. Dan jika berbicara tentang negara, tentunya akan ada banyak hal yang dapat dibahas.

Pada bulan Agustus kemarin, kami pun mengadakan pertemuan dengan tema mengenal bangsa Indonesia. Penjelasan ini diawali dengan memperkenalkan burung garuda. Burung garuda merupakan burung dari mitologi kuno yang menyerupai burung elang rajawali dan menjadi lambang negara kita. Burung garuda pun unik karena burung garuda yang menjadi lambang negara kita melambangkan hari kemerdekaan kita. Jumlah bulu di masing-masing sayap adalah 17. sedangkan jumlah bulu pada ekornya sebanyak 8 helai. Selain itu ada 19 helai bulu di bawah perisai atau pangkal ekor dan 45 helai bulu di leher. Jika dirangkai menjadi satu akan menjadi 17 Agustus 1945.
Peserta termuda :)
Di bagian bawah burung garuda pun terdapat pita dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Auntie T pun bertanya apakah anak-anak tahu artinya. Duo Lynns dengan semangat menjawab Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka. Kepada anak-anak ini pun dijelaskan bahwa Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi satu. Sama seperti kita semua beda-beda, tetapi hendaknya perbedaan itu membuat kita berwarna dan bukan terpecah.
Penjelasan dari auntie T 
Selanjutnya anak-anak diajak untuk melakukan aktivitas bersama-sama. Setiap anak mendapatkan kertas dengan peta Indonesia. Anak-anak diminta untuk menempelkan kertas merah dan putih, seperti warna bendera kita. Cukup seru karena ada anak yang senangnya ngruntelin  kertas, tapi tidak mau menempel dan ada juga yang sukanya menempel tapi tidak mau mengkruntel kertas.
Acara kruntelin kertas dimulai.
Peta Indonesia dalam Merah Putih.
Aktivitas selanjutnya adalah membuat bendera. Kenapa sih warnanya merah putih, bukan merah muda? Karena merah berarti berani dan putih berarti suci. Kalau merah muda, nanti beda artinya =D

Anak-anak dengan bendera Merah Putih dan Peta Indonesia
Diakhir kegiatan kami hari ini, kami diberi ’PR’ untuk membuat aktivitas di rumah, yaitu lapbook. Anak-anak pun semangat karena diberi ’PR’ oleh auntie T.
Lapbook Merah Putih.
Isi dari lapbook Merah Putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar