Senin, 18 April 2016

Website Edukasi untuk Anak-Anak


Tidak dapat dipungkiri anak-anak yang lahir pada masa sekarang adalah anak-anak yang melek dengan internet, ipad, handphone, tab, televisi, dan sejuta aplikasi-aplikasi interaktif lainnya. Pastinya ini merupakan suatu keuntungan dan juga tantangan bagi orang tua-orang tua masa kini. Demikian juga dengan saya dan suami. Kami sering merasa tidak nyaman jika melihat anak-anak kecil berkumpul tetapi bukan bermain bersama, malah masing-masing sibuk dengan gadget yang mereka pegang. Bagi kami, itu bukan cara bersosialisasi yang baik. Oleh sebab itu, kami lumayan membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. 

Anak-anak mendapat kesempatan bermain dengan gadget hanya pada hari tertentu dan tidak sepanjang hari (anak-anak cukup mengerti akan alasan yang diberikan agar mereka tidak bermain gadget sepanjang hari). Dan isi gadget pun sesuatu yang children friendly. Jika kami sedang pergi bersama dengan kerabat atau teman, dan saat anak-anak lain sibuk main gadget, kami lebih rela untuk membekali anak-anak dengan buku cerita (yang tipis), kertas, pensil, dan pensil warna yang dapat mereka gunakan setiap saat. Tentunya lebih repot karena mamanya harus rajin ganti buku di tas, papanya harus rajin mencari gambar-gambar yang dapat mereka warnai ataupun aktivitas-aktivitas yang menggunakan kertas dan pensil. Tetapi kami cukup puas dengan cara seperti ini. Lebih sehat untuk mata si anak dan juga baik untuk kejiwaan orang tua anak-anak tersebut.

Nah, darimanakah sumber-sumber tersebut didapatkan? Gretong (baca gratis) atau harus bayar nih? 
Kami mencoba mendata beberapa website yang sering kami gunakan untuk anak-anak kecil ataupun yang boleh ditonton secara online oleh anak-anak kami, tentunya dibawah pengawasan kami.

1. Aktivitas/ craft anak-anak.
Mr.Printable
Kami sering membuka dan menggunakan resource yang ada di http://www.mrprintables.com/
Mr. Printable mengijinkan kita untuk mencetak apapun yang berbau edukasi dan kreatifitas untuk keluarga dan anak-anak. 

Selain itu, saya juga sering menggunakan ide-ide dari www.dltk-kids.com. Ada banyak yang dapat dilihat di sini dan DLTK (akronim nama mereka sekeluarga) juga membagi aktifitas berdasarkan umur atau terkadang satu craft dapat dikerjakan oleh beberapa jenjang umur yang berbeda. Top markotop deh pokoknya

Ada juga Hands on we grow.Aktivitas di website ini beraneka ragam dan ada yang dibagi berdasarkan umur. Prinsip dari website ini, minimal 1 project 1 minggu. Saya sempat subscribe ke website ini. Tetapi karena sering sekali saya tidak membuka link dari mereka, akhirnya saya di-unsubscribe secara otomatis oleh website ini. hiks... Maunya mereka, kita aktif mengikuti setiap project yang mereka adakan. 

2. Game Edukasi
Game edukasi ini saya dapatkan saat si kakak baru berumur 3 tahun. Yang pertama adalah Starfall (http://www.starfall.com). Starfall dibuat oleh Stephen Schultz berdasarkan pengalaman masa kecilnya. Dia betul-betul berjuang untuk belajar membaca. Tetapi isi dari website ini bukan cuma membaca, tetapi juga matematika. Situs ini free dan tidak free. Maksudnya? Kalau untuk melihat lebih dalam untuk belajar, maka kita harus daftar dulu. Tetapi yang gratisnya pun sudah ok kok.

Ada juga IXL (http://www.ixl.com). Sama seperti Starfall, jika kita ingin menggunakan lebih banyak lagi, ya harus daftar dan bayar. Biasanya saya pakai IXL untuk mengecek sejauh mana kemampuan anak-anak dan terkadang memainkan game yang ada di IXL.


Selain itu ada game Sheppard Software untuk preschool. Permainannya simple dan membuat anak-anak menangkap konsep-konsep dengan bermain. 

Bagi yang suka George The Curious Monkey, bisa juga belajar bergerak bersama George di pbskids. Selain George, juga ada tokoh-tokoh lain yang cukup menarik. Oya, ada juga gambar yang dapat dicetak dan diwarnai oleh kita. Itu free loh. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung buka http://pbskids.org/

Bagi anak-anak penggemar Elmo, dapat juga bermain dan belajar bersama tokoh-tokoh sesame street. Gamenya juga bervariasi. Silakan buka langsung http://www.sesamestreet.org/

3. Bible Resources
Berhubung akses internet paling banyak dimiliki oleh papanya anak-anak, maka si papa paling getol cari-cari tontonan yang membangun sisi spiritual anak-anak (beuh, bahasanya berat banget). Salah satunya adalah https://bibleappforkids.com/. Berisi parents guide, free church curriculum dan aktivitas-aktivitas. Situs ini juga dapat digunakan oleh teman-teman yang berkecimpung di Sunday School. 
Tampilan Bible App for Kids di Ipad
Cerita interaktif tentang penciptaan
Lanjutan dari website di atas, ternyata juga ada film dari aplikasi tesebut. Bible Adventure TV (on youtube) cocok untuk early childhood bahkan bisa juga sampai remaja. Duo Lynns suka banget nontonnya. Tengah-tengah film bisa ada lagu simple dan ayat hapalan yang menarik. Walau disampaikan dalam bahasa Inggris, tetapi mudah kok untuk diikuti. Link-nya: https://www.youtube.com/user/LCLifeKids 

Bagi penggemar Dongeng Sayuran (Veggie tales), bisa juga menikmati silly song Veggietales di Youtube. Bukan cuma anak-anak yang terhibur, orang dewasa juga bisa terhibur menonton Silly songs dari Veggietales. https://www.youtube.com/user/BigIdeaInc 

Nah, kalau diatas kan ada dltk-kids yang untuk umum. Ternyata DLTK juga ada kreatifitas yang berhubungan dengan Alkitab. Ada banyak ide-ide untuk aktivitas bagi sekolah minggu di http://www.dltk-bible.com/

Sebetulnya, masih banyak lagi website-website yang masih bisa digunakan untuk sumber anak-anak bermain dan belajar. Kita yang kudu rajin untuk buka dan search di google. Kalau kita bisa mengelolanya, internet bisa menjadi sumber yang luar biasa lengkap dalam proses pembelajaran :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar