Kamis, 28 April 2016

Kamera untuk si Kecil

Masih dalam rangka menggunakan barang-barang bekas, tutup botol yang dikumpulkan si opa untuk buat mobil, tiba-tiba saya kembali teringat aktivitas yang pernah dibuat kakak saat ia berumur 4 tahun. Berhubung sudah pernah dibuat oleh anak-anak dan cukup seru, maka jadi tertarik untuk menulis tentang craft yang dibuat anak-anak. 

Diawali saat anak-anak menonton Mr. Maker, kakak berkata kalau dia mau buat kamera. Pakai cup untuk kue mama, kata kakak. Akhirnya disepakati besok dapat membuat kamera jika kakak belajarnya cepat. Dan pastilah cepat, wong materi anak umur 4 tahun masih gampang banget. Mamanya memutar otak untuk mencari barang-barang yang dapat digunakan, yang ada di rumah. Maka dikumpulkanlah barang-barang berikut.
1. Kertas HVS putih
2. Kardus bekas (yang bentuknya seperti bentuk kamera)
3. Tutup botol
4. Cup aluminium untuk buat kue (berhubung nyari yang kecil susah, jadi pakai yang agak besar).
5. Lem (saya pakai lem fox, bisa juga lem rajawali)

Atas: perlengkapan yang diperlukan. Bawah: kamera

Esoknya, setelah belajar, anak-anak langsung ambil posisi untuk membuat aktivitas yang ada. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Warnai kertas HVS putih tersebut sesuka hati si anak. Mau digambar atau apapun juga boleh kok.
2. Setelah selesai, gunakan kertas tersebut untuk melapisi kardus bekas.
3. Tempel tutup botol di bagian kanan atas, seperti tombol kamera.
4. Tempel cup aluminium di bagian depan seperti lensa kamera.

Atas: kamera tampak depan. Bawah: kamera tampak samping

Dan jadilah kamera yang diinginkan mereka. Kakak pun mengajak adik untuk selfie. Memang anak jaman sekarang, tahu saja istilah selfie. Akibat tante-tante dan om-nya pastinya, secara orang tuanya tidak suka selfie.

Nah, mudah bukan? Siapa bilang kreativitas harus mahal dan susah? Yang penting dapat dikerjakan oleh anak seusia mereka. Selamat mencoba :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar