Senin, 25 April 2016

Yuk, Membuat Mobil dari Barang Bekas

Diawali dari beberapa minggu yang lalu (tepatnya bulan lalu), saat mamanya sedang makan, anak-anak menuju meja makan dan mencari mamanya. 
Kakak: " Mama, I want to make car for our activity."
Adik: "Yes, Mama. Dede mau juga buat mobil."

Mamanya lagi malas mikir, akibat kekenyangan. Mau pake apa ya buatnya. Lalu si kakak bilang, kayak waktu buat puppet dari box bekas aja. Jadi pakai kardus bekas, lalu pakai tutup botol untuk rodanya. Hm...boleh juga idenya. Lalu kami mulai mengumpulkan tutup botol (tepatnya tutup susu Ultra yang 1L). Sang opa pun yang mendengar semangat si cucu pun semangat mengumpulkan tutup botol (dan dilakukan sampai sekarang).

Untuk mengumpulkan sih dapat terlaksana dengan cepat. Tetapi.....pelaksanaan untuk membuatnya itu yang tertunda. Karena tertunda, maka anak-anak dapat ide untuk membuat aktivitas lain dari barang-barang bekas. Ya...mungkin bagi beberapa orang sih ide anak-anak ini tidak dapat dikatakan cemerlang dan super sekali. Tetapi buat saya, ide mereka membuat saya bahagia. Mereka bisa kreatif menggunakan bahan apapun di sekitar mereka dan mengolahnya. Sampai dengan tulisan ini dibuat, saya masih hutang janji untuk menyelesaikan aktifitas-aktifitas lainnya yang mereka inginkan.

Akhirnya minggu lalu, kami berhasil mengeksekusi, ups maksudnya berhasil membuat mobil yang diinginkan oleh mereka. Apa sih perlengkapan yang diperlukan? Yang kami gunakan adalah:
- karton bekas (yang tidak terlalu besar). Saya menggunakan karton bekas keju.
- Tutup botol bekas minuman. Saya menggunakan tutup bekas susu Ultra ukuran 1L
- Kertas untuk melapisi karton. 
- Lem untuk menempel

Awalnya, saya mau mereka mengecat kartonnya. Berhubung mamanya lagi malas dengan urusan cat, jadi saya hanya melapisi dengan kertas polos warna pink.
Perlengkapan yang diperlukan
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Lapisi kardus dengan kertas.
2. Biarkan anak menggambar jendela dan pintu pada mobil. Warnai jika mau.
3. Tempelkan 4 tutup botol sebagai roda, dan 1 tutup botol dibagian depan. Jadi lampu gitu deh.
4. Jadilah mobil dari barang bekas, simple untuk anak balita.

Sebisa mungkin, semua aktifitas di atas dilakukan oleh anak. Lynn A membuat jendela dan gambar hati. dan dia mau membuat a lovely caravan. Lynn B membuat jendela dengan teralis. Saat ditanya kok kayak jendela rumah, jawabnya biar nggak jatuh. Tapi adik tidak mau kasi lampu di depan mobil. Okelah.... Nah berikut hasil jadinya. Mudah untuk dibuat, bukan? (Kalau sampai ribet, pasti ide mamanya. Hehehe) 
Atas: Tampak depan. Bawah: Tampak samping.
Inti dari aktifitas ini adalah, biarkan anak berkreasi dengan barang yang ada. Kreatifitas tidak selalu mahal. Manfaatkan barang-barang di rumah. Selain mengembangkan imajinasi mereka, mereka pun menjadi percaya diri karena ide mereka ternyata dapat direalisasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar